Kenali Dahulu! Perbedaan Online Shop,E-commerce dan Market Place

macam-macam jenis toko online - muitond.com

Perbedaan online shop, E-commerce dan Market Place
Artikel saya kali ini cocok dengan sebuah pepatah yaitu "tak kenal maka tak sayang" dimana kita harus mengenal/mengetahui sesuatu dahulu sebelum akrab dengannya.
Kebanyakan orang menganggap bahwa semua situs belanja online dengan sebutan "toko online". Padahal tidak semua situs belanja online merupakan toko online (online shop), melainkan ada juga situs belanja online bernama E-commerce dan juga Marketplace.
Lantas apakah ketiganya berbeda antara Toko online (online shop), E-commerce dan Marketplace? tentu saja ketiganya memiliki perbedaan sedikit. Dan perbedaan yang sedikit ini seringkali tak terlihat oleh kita sebagai pembeli dikarenakan ketiganya mempunyai persamaan bentuk,tujuan,dan fungsi yang sama. Untuk itu mari kita sama-sama ketahui perbedaan antara ketiganya untuk menambah wawasan kita. Simak artikel ini tentang perbedaan dan pengertian toko online,marketplace,dan e-commerce dengan seksama dan jangan lupa berbagi artikel ini jika bermanfaat dengan teman kamu.



Perbedaan Antara Toko Online,E-commerce dan Marketplace


Perbedaan Online Shop

Online shop atau yang biasa kita sebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang dimana pembeli dapat bercengkrama dan menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, misalnya dengan aplikasi sosial media. Online shop atau Toko Online tidak sebesar E-commerce dan Marketplace, karena biasanya Online Shop merupakan milik perorangan/organisasi kecil. Di beberapa online shop, biasanya pelanggan tetap mereka akan mendapat lebih banyak tawaran menarik dan juga diskon yang banyak, serta pelanggan setianya dapat melakukan tawar menawar harganya kepada penjual. Online shop ini sering kita jumpai di Social media seperti Facebook dan Instagram. Contoh Online shop yang sering kita jumpai di Facebook misalnya Laku6.com, Diwantama.com.


Baca Juga : kumpulan situs belanja online yang bisa bayar ditempat/cod


Perbedaan Pada E-Commerce

Pada sistem belanja online berkonsep E-commerce, Pembeli tidak bisa bercengkrama secara luas dengan penjual/website. Barang ataupun produk yang dijual berasal dari situs belanja online itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas. Namun kelebihan dari situs belanja online E-commerce adalah fitur pelayanan yang nyaman serta barang yang dijual Lengkap, terjamin kualitasnya dan juga bisa dikembalikan jika terjadi cacat pada barang. Contoh dari e-commerce misalnya Lazada, Mataharimall, Elevania dll.

Baca Juga : 17 Situs belanja online yang sudah terpercaya dan terpopuler di Indonesia


Perbedaan Marketplace

Marketplace adalah situs belanja online dimana semua orang bisa menjadi penjual atau pembeli di situs ini. Sistem ini menyediakan lahan atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya pada situs web ini. pembeli akan menemukan berbagai produk dari tidak hanya satu penjual saja,melainkan produk dari penjual yang berbeda-beda. para penjual online shop biasanya ikut promosi barangnya disini. Namun berhati-hatilah jika berbelanja online di Marketplace,sebab banyak penjual yang produknya tidak sesuai dengan gambarnya sehingga mengecewakan pembelinya. contoh situs jual beli online nya seperti bukalapak.com,olx.co.id,dan masih banyak yang lainnya.




Nah itulah sedikit perbedaan antara situs belanja online atau bagi orang yang belum membaca artikel ini perbedaan antara toko online.
Mungkin hanya itu ilmu yang saya miliki, tetap semangat menambah wawasan dan Selamat Berbelanja :D

Next
«Prev
Previous
Next Post »
0 Komentar

Kurang jelas? komen aja di bawah gan!