8 Ciri - ciri Laptop Terkena Virus , Penyebab Diserang Virus dan Cara Mencegahnya

spoiler virus


Seperti hal nya tubuh manusia yang rentan terhadap penyakit, komputer juga mudah sekali terkena penyakit. Walaupun komputer telah dibekali sistem keamanan bawaan yang canggih, tetapi tetap saja jika sang pengguna lalai dalam mengoperasikannya, tak heran jika virus akan dengan mudah masuk ke dalam sistem komputer kamu dan mengakibatkan laptop kamu terjangkit virus. Sehingga sangat terasa akan menurunnya kinerja komputer yang semakin lelet.

Komputer yang lelet akan sangat menyita banyak waktu dan membuat kita merasa ingin sekali membantingnya.Walaupun sudah jelas bahwa kalau virus atau malware itu sangat berbahaya pada komputer, Namun tetap saja masih cukup banyak orang yang tidak menganggap serius ancaman virus bagi komputer mereka, Sehingga virus dan malware makin merajalela dan bisa saja menular ke komputer lain. Komputer dan laptop yang diserang virus disebabkan oleh manusianya sendiri, dan penyebab terkena virusnya juga bermacam-macam.


Penyebab Komputer Terkena Virus

Datangnya virus ke dalam komputer kita terjadi tanpa kita sadari. Sebenarnya kita sendiri yang membukakan pintu masuk untuk si virus masuk ke komputer milik kita. Diantara penyebabnya merupakan hal yang sering kita lakukan dalam sehari-hari. berikut contoh beberapa penyebab  adanya virus di komputer .

1Sering mendownload dan menginstall software bajakan
Yang perlu diperhatikan agar virus tidak menyerang komputer adalah dengan memperhatikan hal-hal yang mencurigakan pada file hasil download tersebut. Scan terlebih dahulu filenya sebelum memasangnya di laptop.

2. Mengunjungi website-website yang dilarang
Banyak website-website jahat yang menyisipkan script virus agar menginjeksi siapa saja yang mengunjungi web tersebut. seperti website cracker,hacker,p*rno, dan pokonya tampilannya berantakan. oleh karena itu jangan asal masuk website yang saya sebutkan di atas karena virus akan mudah masuk ke komputer kita.

3. Tidak  menggunakan antivirus / mematikannya
Selalu install antivirus dan jangan pernah menonaktifkannya walau hanya 1 menit. walaupun komputer yang memakai windows sudah dibekali antivirus bawaan (windows defender) tapi demi menjaga kemanan, kalian wajib memasang 1 antivirus dari luar.

4. Main asal colok flashdisk
Ini merupakan hal ceroboh yang sering dilakukan manusia. Colok sana colok sini tanpa peduli akan virus yang menempel di flashdisknya. selalu scan flashdisk dengan antivirus agar aman.

5. Serangan hacker
kalau yang ini kita gak tau gimana cara mencegahnya.

Jika kamu sayang dengan tubuhmu, maka ikutilah gaya hidup yang sehat dan hindari pergaulan bebas. Dan jika kamu ingin komputermu sehat, bentengilah komputermu dan sering-seringlah mengecek keadaan komputermu dari ancaman virus. Berikut adalah ciri-ciri komputer yang terkena virus,malware,trojan dan lain-lain. Dan jangan lupa lihat ciri-ciri komputer yang ada virusnya di bawah ini.


Tanda - tanda Komputer atau Laptop yang Terkena Virus dan Malware

1. Komputer/Laptop Jadi Lelet Saat Terhubung dengan Internet
Kinerja komputer akan menjadi lelet saat terhubung dengan internet karena virus dan malware yang hinggap di komputer milik kita sedang melakukan transfer data  ke servernya. jadi virusnya nyuri data dari kita dan dikirim ke pemilik virus, misalnya seperti data email kita yang didalamnya ada data-data rekening bank milik kita,terus si virus tersebut ngirim data email milik kita ke pembuat virus tersebut dan akhirnya dengan data tersebut, si pemilik virus bisa mengambil uang kita.

2. Komputer/Laptop Cukup Sering Mengalami Crash (bluescreen)
Saat komputer/laptop kamu terinfeksi virus dan malware jenis apa pun, biasanya komputer akan meresponnya dengan melakukan BSOD atau Blue Screen Of Death. Nah, BSOD ini berfungsi untuk memperingatkan kamu bahwa komputermu sedang dalam keadaan tidak normal. Biasanya, BSOD terjadi karena sistem kamu yang sedang diganggu oleh virus dan malware.

3. Lemot Ketika Membuka Suatu Aplikasi/Software
Virus juga dapat menyebabkan Komputer atau Laptop kamu menjadi lemot,lambat dan lola saat menjalankan suatu program. Biasanya virus selalu aktif di Background dan membutuhkan penggunaan CPU, HDD dan Memory yang cukup besar saat dia sedang bekerja mengganggu sistem komputer kamu. Misalnya ketika kamu menjalankan program apapun di komputer, program tersebut akan menyita penggunaan CPU,HDD, dan Ram kamu. Nah, kalo CPU,HDD, dan Ram komputermu lagi sibuk dan penuh, maka program yang akan dijalankan oleh kamu akan menunggu antrian untuk dijalankan karena banyak digunakan di virus.

4. Sering Muncul Pop-up dan Iklan-iklan Gak Jelas
Lagi asik-asik browsing, tiba-tiba iklan-iklan pop-up gak jelas nongol dengan sendirinya dan biasanya iklannya mengarahkan kita ke halaman untuk download sesuatu seperti aplikasi yang didalamnya ada virusnya lagi. Nah,kalau misalnya kita download tuh aplikasi, maka si pemilik virus tersebut akan mendapat uang dan komputermu akan menambah virus lagi..

5. Tiba-tiba Ada Antivirus Gak Jelas alias Palsu di Komputer Kita
Gw pernah ngalamin yang satu ini. Ada Antivirus gak jelas yang gw gak pernah download dan install sebelumnya. Tiba-tiba ada aja tuh antivirus palsu. gunanya antivirus palsu itu untuk menyembunyikan si virus agar virus yang ada di komputer kita tidak terdeteksi oleh antivirus asli milik kita.

6. Adanya File-file Shorcut
Biasanya ciri-cirinya adalah File-file dan dokumen di penyimpanan data komputer milik kita iconnya menjadi transparan, nama file berubah, dan juga isi dari filenya tidak kelihatan atau terhidden. Gw gak tau maksud si virus ngelakuin ini untuk apa.

7. Adanya Spam Email dan pada Akun Social Media Kita
Email kita akan menerima pesan-pesan spam gak jelas yang tidak diketahui asalnya darimana. biasanya pesan tersebut berisi kode script dimana kalau kita unduh/klik linknya,maka itu nambahin virus ke komputer kita. Biasanya penyebab ini dikarenakan oleh kamu sendiri yang suka download software bajakan dan juga yang suka masuk situs-situs berbahaya tanpa logout akun-akun terlebih dahulu.

8. File-file,Program,Data-data Banyak yang Korupt/rusak
Lebih menyedihkannya lagi data-data,file,program yang ada dikomputer kita banyak yang tidak bisa dijalankan,dibuka ataupun dibaca komputer. Parahnya lagi ini tidak dapat di restore.

Cara Mencegah Agar Virus tidak Masuk Ke Laptop dan Komputer

Ada pepatah yang mengatakan "Mencegah itu Lebih Baik daripada Mengobati" maka sebaiknya kamu mencegah virus dan malware menyentuh komputer/laptop kamu dengan cara :
  1. Selalu Scanning antivirus dan Melakukan update Antivirus dengan rutin.
  2. Scan selalu terhadap device-device yang konek dengan komputermu.
  3. Jangan download sesuatu secara ilegal dari website yang tidak aman.
  4. Gunakan fitur "internet security surfing" setiap browsing di internet.

Bila ada beberapa dari gejala-gejala tersebut yang menimpa laptop/komputer sobat, segera mungkin menghapus dan menghancurkan virus tersebut dengan antivirus. karena jika tidak segera diatasi, virusnya akan semakin melunjak dan lebih parah lagi bisa menyebabkan komputer/laptop sobat Rusak. Jangan lupa baca juga tentang cara menghapus virus dan malware dengan mudah pada artikel gw selanjutnya. Itulah beberapa ciri-ciri umum komputer/laptop yang terserang virus,malware dan trojan.

Next
«Prev
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Cara mengatasi virusnya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai antivirus gan, nanti diupdate cara mengatasi virusnya di artikel gw berikutnya.

      Hapus
  2. Bermanfaat sekali gan, jadi bisa jaga" sebelum pc kena virys

    BalasHapus
  3. waduh makasih bgt gan info nya

    BalasHapus
  4. bahaya juga ya....apa dengan anti virus sudah cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah cukup gan, asalkan ngikutin prosedur diatas.

      Hapus
  5. Wah, thanks infonya sob.

    BalasHapus
  6. bang kompi gw lemot bgt nih, buka aplikasi apa aja sering not responding ..
    udh di scan tapi gaada virus, udh di disk defrag jg, di disk clean up jg udh, tapi msh aja lemot, itu knp ya?

    BalasHapus

Kurang jelas? komen aja di bawah gan!